Wakil Ketua PPI Jatim Tri Hari Kustanto saat mendampingi Dhea Lukita Andriana pamit kepada bupati Tulungagung.
Wakil Ketua PPI Jatim Tri Hari Kustanto saat mendampingi Dhea Lukita Andriana pamit kepada bupati Tulungagung.

Provinsi Jawa Timur patut berbangga pada momen HUT Ke-75 Kemerdekaan RI tahun ini. Itu karena siswi asal Jatim Dhea Lukita Andriana, yang masuk jajaran tiga orang Paskibraka Nasional 2019 putri, terpilih kembali bertugas di Istana Merdeka untuk upacara 17 Agustus 2020.

Secara resmi, surat penugasan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah diterima siswi Kelas XII IPA 2 SMAN 1 Ngunut, Kabupaten Tulungagung, itu pada 27 Juli 2020.

Baca Juga : Google Beri Ucapan Khusus Bagi "Angkatan Corona" yang Lulus di Tengah Pandemi Covid-19

Hari ini, Rabu 4 Agustus 2020, Dhea dijadwalkan terbang ke Jakarta setelah semalam istirahat di Hotel Halogen  Jl Raya By Pass Juanda Sidoarjo. “Alhamdulillah Dhea hari ini sangat sehat dan sudah siap, Rabu pagi ini , Dhea persiapan berangkat ke Jakarta yang didampingi Pak Harsono dari Dispora Jatim Seksi Pemberdayaan Pemuda menggunakan pesawat Garuda,” ujar Wakil Ketua  Purna-Paskibraka Indonesia (PPI) Jatim Tri Hari Kustanto, Rabu 4/8/2020 pagi.

Memang isi surat Kemenpora, yang mendampingi paskibraka menuju Jakarta cukup satu orang, yaitu dari Dispora Jatim. Keluarga tidak diperkenankan mengikuti karena masih masa pandemi covid-19. 

Di Jakarta, Dhea akan bergabung bersama delapan anggota Paskibraka Nasional 2019 lainnya. Sebelum bertugas kembali dalam upacara 17 Agustus di Istana Negara, mereka rencananya akan menjalani pendidikan dan pelatihan (diklat) selama sepekan di Cibubur, Jakarta Timur, pada Rabu 5 Agustus 2020. Mereka terdiri dari lima orang putra dan tiga orang putri.

“Putrinya dari Jawa Timur, Aceh, dan Sumatera Utara. Sedangkan putra dari NTB, Bali, Sulawesi Tenggara, Bengkulu, dan Kalimantan Selatan, Dhea satu-satunya yang mewakili Jawa Timur,” ungkap Hari.

Baca Juga : Kisah Santet Calon Arang, Penyebab Wabah Penyakit di Masa Raja Airlangga

Senin kemarin, Hari bersama Dispora Jatim mendampingi Dhea menghadap Bupati Tulungagung Maryoto Birowo untuk berpamitan. Bupati Maryoto pun  benar-benar bangga atas terpilihnya kembali Dhea sebagai Paskibraka Nasional 2020. Ia pun berjanji akan memberikan reward (penghargaan) kepada siswi Kelas XII IPA 2 SMAN 1 Ngunut, Kabupaten Tulungagung, itu.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa seeta merupakan kebanggaan warga dan masyarakat Tulungagung,” ujar Maryoto usai menerima kedatangan Dhea di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.