Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021, Polres Ngawi Bekuk Sepuluh Tersangka | Ngawi TIMES

Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021, Polres Ngawi Bekuk Sepuluh Tersangka

Sep 13, 2021 17:37
Konferensi pers Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021 Polres Ngawi (foto: satria romadhoni/ JatimTIMES)
Konferensi pers Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021 Polres Ngawi (foto: satria romadhoni/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dalam operasi "Tumpas Narkoba Semeru 2021" kurun waktu dua minggu terakhir, Satuan Reserse Narkoba Polres Ngawi berhasil menangkap sepuluh tersangka penyalanggunaan obat-obat terlarang. Mereka dibekuk di empat tempat kejadian perkara yang berbeda. 

Dari sepuluh tersangka, dua di antaranya adalah pelajar berinisial RI, 18, dan RD, 20. Bahkan, salah seorang tersangka adalah aparatur sipil negara ,(ASN), yakni warga Desa Kedung Prahu, Kecamatan Padas, berinisial TJ, laki-laki, 47 tahun. 

Baca Juga : Sebut Wisata ke Borobudur Haram, Ceramah Ustaz Sofyan Chalid Kembali Bikin Geger

Sedangkan tujuh tersangka lainnya berinisial OR, 25 tahun, warga Kelurahan Margomulyo; MT, 31, dan AW, 27, warga Desa Jatigembol, Kecamatan Kedunggalar. 

Empat tersangka lainnya berasal dari luar daerah. Yakni DA 19; RE 31; YQ, 25, yang berasal dari Kabupaten Sragen, serta satu tersangka yang berasal dari Indramayu, berinisial BA, 32. 

Kapolres NgawiAKBP I Wayan Winaya, saat memberikan keterangan kepada media mengatakan Operasi Tumpas Narkoba dilaksanakan selama dua pekan mulai 1 hingga 12 September. 

Dari operasi peredaran narkoba tersebut, Satres Narkoba Polres Ngawi mendapatkan empat laporan polisi tentang penyalanggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang yang sangat merugikan masyarakat.

"Para tersangka masih menggunakan modus lama, yaitu menggunakan sistem ranjau atau barang ditaruh di suatu tempat untuk transaksi. Kemudian baru kita amankan pelaku" ungkap orang nomor satu di Polres Ngawi itu di depan awak media. 

LKapolres Ngawi menegaskan  digelarnya operasi "Tumpas Narkoba Semeru 2021" dapat mengurangi angka-angka peredaran  obat terlarang yang sangat merugikan serta dapat menghancurkan masa depan generasi penerus bangsa.

Baca Juga : Perluas Testing, Satgas Covid-19 Buka Layanan Tes Covid-19 Gratis di Alun-alun Kota Blitar

Barang bukti yang berhasil diamankan, selain uang tersangka,  juga sabu seberat 2,65 gram, 466 butir trihexyphenidyl/holi dan tramadol hcl, 12 handphone, satu unit kendaraan bermotormotor, dan tunai senilai 150 ribu rupiah. 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, sepuluh tersangka akan dijerat Pasal 196 Jo. Pasal 98 ayat 2 dan ayat 3 dan atau pasal 197 Jo.106 ayat 1 UU RI No.36 tahun 2009 tentang kesehatan serta pasal 114 ayat 1 subsider 112 (1) UU RI nomer 35 tahun 2009 tentang narkoba.

"Kami berharap masyarakat semakin sadar penggunaan narkoba terlarang. Narkoba akan menyesatkan dan membuat hidup tidak lebih baik," tandas kapolres.

Topik
Tangkap tersangka narkoba Polres Ngawi Kapolres Ngawi Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021

Berita Lainnya