Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bikin Nyaman Pengendara, DPUPRPKP Lakukan Overlay Sejumlah Ruas Jalan di Kota Malang

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

20 - Nov - 2023, 20:16

Pengerjaan overlay di Jalan Veteran yang dilakukan DPUPRPKP Kota Malang. (Foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Pengerjaan overlay di Jalan Veteran yang dilakukan DPUPRPKP Kota Malang. (Foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus melakukan upaya untuk memperbaiki kondisi ruas jalan untuk membuat nyaman pengendara yang melintas. Salah satunya dengan melakukan overlay atau peningkatan dan penambahan aspal di 23 titik ruas jalan di Kota Malang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP), Dandung Djulahrdjanto membenarkan bahwa pihaknya sedang melakukan proyek pengerjaan aspal. Dari pantauan media ini, ada sejumlah jalan yang dilakukan pengaspalan.

Baca Juga : Nyatakan Sikap, Kawasan PKL Alun-Alun Kota Batu Steril Atribut Kampanye

“Kemarin di data induk itu ada 19 ruas jalan selama satu tahun. Tapi nanti ditambah lagi melalui PAK. Tambahan ada empat ruas jalan. Jadi totalnya ada 23 ruas jalan,” kata Dandung pada JatimTIMES.

Dandung mencontohkan beberapa ruas jalan yang sudah dilakukan overlay yaitu mulai Jalan Tombro, Jalan Sudimoro, Jalan Mayjend Sungkono, Jalan Ki Ageng Gribig hingga Jalan Veteran. Khusus untuk ruas Jalan Mayjend Sungkono, proses overlay masih dilakukan dengan panjang total 3,1 kilometer.

“Separo (overlay) sudah dilaksanakan pemerintah provinsi. Sisanya, dilakukan oleh DPUPRPKP Kota Malang untuk penuntasannya pada 2023 ini,” imbuh Dandung.

Selain melalukan kegiatan overlay pada sejumlah ruas jalan di Kota Malang, DPUPRKP juga melakukan pembuatan drainase pada ruas Jalan Ki Ageng Gribig. Pembuatan drainase ini dilakukan untuk mengantisipasi luapan air saat turun hujan.

“Jadi, di samping peningkatan jalan, juga ada penanganan banjir dan genangan. Penambahan badan jalan seluas 1 meter di samping kanan dan kiri,” ungkap Dandung.

Baca Juga : Jalan Panglima Sudirman Kota Batu Serasa Jepang, Gara-Gara Bunga Tabebuya Bermekaran

Proses overlay sendiri menurut Dandung sudah dilakukan percobaan sebelum dilaksanakan. Sebab, pihaknya tidak ingin pengerjaan tersebut berjalan tidak maksimal.

“Jadi kami melakukan trial terlebih dahulu. Kalau memang sesuai, kami lanjutkan. Jika tidak sesuai, ya kami tidak lanjutkan,” tutup Dandung.


Topik

Pemerintahan DPUPRPKP Kota Malang perbaikan jalan overlay jalan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Ngawi Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri